Sejarah Singkat
Ajaran Islam yang disebarluaskan oleh Rasulullah SAW, pada hakikatnya bertujuan untuk mendidik dan membina manusia menjadi pribadi yang berakhlak mulia sebagai perwujudan manusia takwa dengan indikasi beriman, berilmu, dan beramal shalih, sehingga keberadaannya menjadi rahmat bagi alam semesta.
Pesantren Persatuan Islam 24 Rancaekek adalah lembaga pendidikan dakwah dan sosial yang sejak tahun 1960 mengelola pendidikan tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Sistem pendidikannya adalah perpaduan antara pendidikan agama dan pendidikan umum yang dilakukan secara akademis dan professional yang di pimpin oleh Alm. K.H. Saepudin.
Kemudian sejak tahun 2006, kepala Madrasah yang baru yakni Nu’man Hanifah, S.Pd.I mendorong perubahan Madrasah Ibtidaiyah menjadi Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (Full Day School). Sistem ini diwujudkan dalam rangka membangun citra serta kualitas pendidikan madrasah menjadi lebih baik serta terbaik di lingkungan madrasah pada khususnya dan pendidikan dasar pada umumnya. Saat ini MIT PPI 24 dipimpin oleh Nu’man Hanifah, S.Pd.I.
Visi
Terwujudnya madrasah yang modern, terkemuka, berkarakter, berakhlakul karimah dan amanah
dengan motto “MOTEKAR BERKAH”
Misi
- Menjadikan seluruh warga sekolah bertauhid, taat beribadah, berakhlak mulia, cerdas, sehat, disiplin dan berwawasan Islam yang bersih dari syirik, bid’ah dan pemikiran sesat.
- Meningkatkan kualitas SDM seluruh warga sekolah sesuai dengan bidangnya dan berusaha mengikuti perkembangan teknologi.
- Mengoptimalkan pembelajaran al-qur’an dan pendidikan agama Islam yang dipadukan dengan pembelajaran umum.
- Mengamalkan serta menegakkan ajaran Islam berdasarkan Al-qur’an dan As-sunnah dalam segala aspek kehidupan.
Tujuan
- Menanamkan kesadaran siswa tentang kewajiban sholat dan bershadaqah;
- Membiasakan siswa berperilaku sopan dan santun kepada orang tua, guru dan teman, baik di madrasah maupun di rumah;
- Meningkatkan prestasi belajar siswa pada semua bidang studi yang diajarkan di madrasah dalam suasana pendidikan Islami;
- Meningkatkan kemandirian dan rasa tanggung jawab pada siswa;
- Siswa kreatif, inovatif, terampil, dan bekerja keras, untuk dapat mengembangkan diri secara terus menerus;
- Siswa memiliki dasar-dasar pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan, untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.
Program Unggulan
- Pengembangan Akhlaqul Karimah
- Pembiasaan shalat wajib dan sunnah secara tertib
- Hafalan Juz ‘Amma, ayat dan hadits pilihan
- Pengembangan prestasi akademik
- Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Teknologi Informasi & Komunikasi
Fasilitas
- Gedung dua lantai milik sendiri
- Laboratorium Bahasa
- Laboratorium Komputer
- Perpustakaan
- Alat kesenian, angklung dan drum band
- Masjid
- Lapangan olahraga
- Lapangan bermain yang aman dan nyaman
Ekstrakurikuler/pengembangan diri
- Tahsin Al-Quran
- Kesenian
- Dacil
- Bela diri
- Pramuka
- Futsal
Prestasi
- Juara III Lomba KSM/Aksioma Tingkat Korwil II 2015
- Juara I Calistung Kelas 2 Lomba KSM/Aksioma Tingkat Korwil III 2015
- Juara III Calistung Kelas 3 Lomba KSM/Aksioma Tingkat Korwil II 2015
- Juara III MHQ Putera Lomba KSM/Aksioma Tingkat Korwil II 2015
- Juara III Tenis Meja Putera Lomba KSM/Aksioma Tingkat Korwil II 2015
- Juara III Pidato Puteri Lomba KSM/Aksioma Tingkat Kabupaten 2015
- Juara III Lomba Calistung Kelas 2 Lomba KSM/Aksioma Tingkat Kabupaten 2015
- Juara I Atletik Puteri Lomba KSM/Aksioma Tingkat Kabupaten 2015
- Juara II Catur Puteri Lomba KSM/Aksioma Tingkat Kabupaten 2015
- Juara I Calistung Kelas 2 Lomba KSM/Aksioma Tingkat KKMI 2016
- Juara II Pidato Puteri Lomba KSM/Aksioma Tingkat KKMI 2016
- Juara II Matematika Lomba KSM/Aksioma Tingkat KKMI 2016
- Juara III PAI Lomba KSM/Aksioma Tingkat KKMI 2016
- Juara III Calistung Kelas 1 Lomba KSM/Aksioma Tingkat KKMI 2016
- Juara I Tahfidz Puteri Lomba KSM/Aksioma Tingkat KKMI 2016