Sejarah Singkat

Pesantren Persatuan Islam 24 Rancaekek merupakan lembaga pendidikan dan pengembangan masyarakat Islami yang dirintis Alm. Drs. H. A. Saepudin (1928-2008) sejak 1960. Berdiri di lahan seluas 2.600 meter persegi, PPI 24 Rancaekek tersebar di empat lokasi.

Pada awal berdirinya hingga akhir dekade 1980-an, sistem pendidikan dijalankan adalah Madrasah Ibtidaiyah pada pagi hari dan Madrasah Diniyah pada sore hari. Kemudian pada 1989 Madrasah Tsanawiyah mulai dibuka yang saat ini dipimpin oleh Didin Rohidin, S.Pd.I.

Visi

Terwujudnya Madrasah Sebagai Miniatur Masyarakat Islami dan Pusat Pengembangan Diri

Indikator Visi
  1. Masyarakat Islami
    • Berakhlaqul Karimah;
    • Istiqomah menunaikan amalan wajib;
    • Terbiasa menunaikan amalan sunnah;
    • Tegaknya amar ma’ruf dan nahyi munkar.
  2. Pusat pengembangan diri
    • Pengembangan tafaqquh fid-dien dengan menguasai ilmu-ilmu keislaman;
    • Pengembangan kecakapan hidup melalui akhlaqul karimah;
    • Pengembangan kepribadian insan ulul albab melalui amalan dan tindakan yang berguna bagi diri pribadi dan masyarakat;
    • Pengembangan kemandirian melalui sikap mandiri, percaya diri dan kreatif.

Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita madrasah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.

Untuk mewujudkannya, Madrasah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi berikut:

Misi

Menyelenggarakan pendidikan berorientasi pengembangan sumber daya insani menuju keunggulan IMTAQ dan IPTEK serta konsisten dalam akhlaqul-karimah.

  1. Mewujudkan pendidikan berorientasi pada kualitas lulusan yang ber-tafaqquh fid-dien
  2. Merealisasikan pendidikan berorientasi pada kualitas lulusan yang mampu mengaplikasikan keilmuannya dalam kehidupan sehingga terwujud kepribadian ulul albab
Tujuan
  1.  Menjalankan ajaran Islam
  2. Meningkatnya kemampuan guru dalam penerapan pembelajaran dengan TIK.
  3. Meningkatnya pembinaan bidang keagamaan, kesenian dan olah raga.
  4. Berkembangnya kinerja profesional guru yang berdampak pada peningkatan hasil belajar.
  5. Meningkatkan kemampuan siswa untuk memiliki kecakapan hidup (life skill) sebagai bekal hidup bagi siswa yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi;
  6. Meningkatkan kemampuan siswa untuk mempersiapkan diri melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi;
  7. Terbentuknya peserta didik yang disiplin, memiliki akhlak dan budi pekerti terpuji, menjujung tinggi nilai-nilai ukhuwah islamiyah.
  8. Terbentuknya peserta didik yang memiliki budaya dan perilaku hidup bersih, sehat serta peduli terhadap lingkungan hidup.
  9. Meningkatnya peserta didik yang dapat mengembangkan potensi seluas-luasnya atas bakat istimewa/menonjol yang dimilikinya dan memiliki semangat untuk mandiri
Motto

“Dzikir sebelum berpikir – Berpikir sebelum bertindak”

Fasilitas
  1. Gedung dua lantai milik sendiri
  2. Asrama Putera
  3. Asrama Puteri
  4. Masjid
  5. Laboratorium Komputer
  6. Lapangan Olahraga